IG twitter facebook

Van Der Sar Jagokan De Gea Jadi Kiper Pertama MU

Mantan penjaga gawang Manchester United, Edwin van Der Sar menganggap David De Gea layak sebagai kiper pertama di tim berjuluk Setan Merah tersebut. Meski demikian, kiper asal Belanda itu menolak membandingkan dirinya dengan calon penerusnya itu.

Van Der Sar adalah mantan penjaga gawang utama MU. Mantan kiper Ajax Amsterdam itu pensiun di usia 42 tahun setelah beberapa kali ikut mengantar MU meraih gelar juara yakni, 4 gelar Premier League, 3 gelar Piala Liga, dan satu gelar bergengsi Liga Champions Eropa.

Seperti dilansir soccerway.com, Van Der Sar menilai persaingan yang di bawah mistar gawang MU saat ini cukup ketat. Pasalnya, kiper kedua Setan Merah, Anders Lindegaard juga punya kemampuan yang tak kalah bagusnya. "Saat ini persaingan masih ketat," katanya.

"Pada tahun pertama (2011/12) mereka bermain bahkan di pertengahan tahun ini juga, (Alex) Ferguson telah mengganti kipernya. Kadang De Gea bermain lima ata enam kali, kemudian Andres dapat kesempatan."

Menurut Van Der Sar, Ferguson saat ini belum menetapkan siapa yang akan menjadi kiper utama MU. Di mata Van Der Sar, kedua penjaga gawang itu tampil mengesankan saat diberi kesempatan oleh Fergie.

"Saya lihat David bermain melawan (Manchester) City, dia sangat percaya diri dalam memotong umpan-umpan crossing dan dia penting pada permainan itu dan mudah-mudahan mereka bisa membangunnya."

Ditanya mengenai perbandingan dirinya dan De Gea, Van Der Sar yang saat ini menjabat sebagai direktur olahraga Ajax Amsterdam menilai mereka memiliki skill yang berbeda. "Sangat sulit (membandingkan) sebab kami sama-sama tinggi dan sedikit kurus, namun saya hadir di Manchester United setelah melewati banyak fase," kata Van Der Sar.

"Saya telah berusia 34 tahun saat mendatangi Manchester United dan saya bermain selama 6 tahun hingga berusia 40 tahun, jadi itu hal yang berbeda untuk dibandingkan," ujar Van Der Sar.

Van Der Sar menambahkan, De Gea punya teknik dan atribut yang berbeda dengan dirinya. Dia pun menganalogikan seperti saat Manchester United kehilangan sayap kanan sekelas Cristiano Ronaldo dan membawa pemain lain seperti Antonio Valencia.

"Anda harus terbiasa dengan orang lain dalam melakukan pekerjaan tertentu, dan saya yakin David De Gea akan melakukan pekerjaan besar bersama MU."

© VIVAbola

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Site List

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

About Me