IG twitter facebook

Perbedaan Hooligan dan Ultras

Labels:
Hooligan mempunyai arti yaitu fans bola yang brutal ketika tim bolanya kalah bertanding. Hooligan merupakan stereotip sepakbola dari Inggris. Tapi kemudian menjadi fenomena global. Sebagian besar dari Hooligan adalah para backpacker yang telah berpengalaman dalam bepergian.

Mereka sering menonton pertandingan-pertandingan yang beresiko tinggi. Banyak dari mereka yang sering keluar-masuk penjara karena sering terlibat adu fisik. Untuk mengantisipasi adanya kerusuhan, gaya berpakaian mereka pun sudah dipersiapkan untuk berkelahi.
Walaupun demikian, mereka tidak menggunakan senjata.

Mereka jarang menggunakan pakaian yang sama dengan tim mereka dan memilih pakaian asal-asalan agar tidak bisa terdeteksi oleh polisi. Para Hooligan biasanya tidak duduk dalam satu tempat bersama-sama dalam stadion, tapi mereka berpencar-pencar.

Ultras diambil dari bahasa latin yang berarti "diluar kebiasaan." Kalangan ULTRAS tidak pernah berhenti menyayikan yel-yel tim favoritnya selama pertandingan berlangsung. Mereka bahkan rela berdiri sepanjang pertandingan dan menyalakan gas warna-warni (flare) untuk mencari perhatian.
 
Gerakan-gerakan seperti mexican move (ombak) yang kadang mereka lakukan adalah hasil instruksi dari ultras yang sangat kreatif kepada penonton yang lain. Karakter Ultras sangat tempramental, tidak jauh beda dengan Hooligan, jika timnya kalah bertanding dan diremehkan. 

Namun, berbeda dengan Hooligan, tujuan mereka adalah murni untuk mendukung tim, bukan untuk unjuk kekuatan lewat fisik. Anggota ultras adalah mereka yang sangat loyal dan setia pada tim favoritnya dalam waktu yang cukup lama.

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Site List

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

About Me